Olahraga Muay Thai Dan Tips Perawatan Rambut Ala Zinc


Muay Thai

Muay Thai adalah olahraga bela diri yang mulai booming di tanah air akhir-akhir ini, Olahraga booming dikarenakan film Thailand yang sangat populer di masyarkat yaitu ONG Bak. Tak Heran jika saat ini bermunculan studio-studio muat thai di kota-kota besar di Indonesia. Salah satu studio terbesar di indonesia adalah Vida Muay Thai Studio, yang berlokasi di alam sutera, Tangerang, Banten, Vida studio kini sudah memiliki 600 anggota sejak satu tahun teraakhir ini. tak jarang pula kaum hawa juga menikmati olahraga yang seharusnya di nikmati oleh kaum pria saja. 

Olahraga Muay Thai ini mengombinasikan enam titik tubuh manusia yaitu : tangan, siku, pinggul, pinggang, kaki dan lutut. Seperti Halnya olahraga beladiri lainnya Muay Thai mengandalkan gerakan-gerakan fisik menyerang, bertahan, serta mengutamakan kekuatan dan kecepatan. 


Kontes Muay Thai
Muay Thai sendiri merupakan evolusi dari seni beladiri  Muay Boran (Tinju Kono), yakni sebuah metode pertempuran tangan kosong yang digunakan bangsa siam saat mereka kehilangan senjata dalam pertempuran. Pertarungan muay Thai sering disebut sebagai nak muay. sedangkan pertarungan yang berasal dari luar thailand disebut sebagai na muay frang yang berarti petinju asing, seiring perkembangan zaman pertandingan ataupun kontes muay Thai berangsur-angsur menjadi bagaian dari perayaan festival lokal negri siam, yang khusus diadakan di kuil persembahyangan Hindu-Budha. kontes ini disebut sebagai Muay Kaad Cheuk.

Teknik Bertarung Muay Thai.
Rangkaian Teknik Muay Thai

Teknik Formal Muay thai dibagi menjadi dua kelompok : mae mai atau teknik utama dal Luk may atau teknik minor. muay thai merupakan seni pertempuran gesekan, dimana pertukaran lawan pukul satu sama lain. Hampir dari semua geralkan dalam muay thai menggunakan gerakan seluruh tubuh, memutar pinggul dangan setiap tendangan, pukulan, siku dan blok.
1.) Pukulan atau Punching (Chok)


Chok
Teknik pukulan muay thai awalnya hanya terbatas menjadi salib dan pemogokan panjang , melingkar dibuat dengan lurus lengan dan mendarat dengan telapak tangan. 
Sebagai taktik, meninju tubuh kurang digunakan dalam muay thai daripada kebanyakan olahraga yang lainnya namun lebih menitik beratkan pada kepala dengan mengguna serangan dari lutut, atau siku.
petarungan muay thai ini sendiri dapat memanfaatkan serangan jarak jauh maupun dekat sehingga dapat melumpuhkan lawannya dengan cepat.

2.) Siku lengan/Elbow ( Ti Sok )


Ti Sok
Siku dapat digunakan sebagai senjata yang mencolok dalam olahraga ini: Horisontal, diagonal keatas, diagonal-bawah, pukulan kebawah ,kebelakang berputar dan terbang. Dari samping dapat digunakan baik sebagai langkah finishing atau sebagai cara untuk memotong alis lawan sehingga aliran darah terganggu. Siku diagonal lebih cepat daripada bentuk-bentuk lain, tetapi kurang kuat, ada juga perbedaan antara siku tunggal dengan dan siku tindak lanjut. single siku merupakan langkah siku independen dari setiap tindakan lainnya, sedangkan tinju tindak lanjut adalah serangan kedua dari lengan yang sama, menjadi hook atau pukulan lurus, serangan siku pada olahraga muay thai menyebabkan kerusakan serius pada pada lawan bahkan dapat menyebabkan KO.

3.) Menendang (Te) 
 
Te
Dua tendangan yang paling umum digunakan dalam olahraga muay thai dikenal sebagai teep ("jab kaki) dan Teh Chiang (menendang keatas dalam bentuk segitiga memotong dibawah lengan dan rusuk) sering juga disebut "Tendangan sudut". tendangan sudut ala muay thai menggunakan gerakan rotasi dari seluruh tubuh dan telah banyak digunakan oleh praktisi seni beladiri lainnya. Tendangan sudut memgumpulkan kekuatan penuh dari pergerakan rotasi tubuh ,yaitu bagian pinggul. Diperkirakan banyak petarung yang menggunakan konter-rotasi dari lengan untuk meningkatkan kekuatan tendangan ini. Jka tendangan ini digunakan oleh lawan biasanya petarung muay thai akan menangkisnya menggunakan tendangan tulang keringnya, petarung muay thai dilatih untuk selalu menagkis dan menyerang dengan tulang kering. Kaki banyak berisi tulang halus dan jauh lebih lemah, seorang petarung mungkin malah akan menyakiti dirinya sendiri jika ia mencoba untuk menyerang dengan kakinya atau kura-kura kaki.

4.) Dengkul atau Lutut (Tee Kao)

Tee Kao
  1. "kao dode" (Serangan lutut lompat)-Petarung melompat dengan satu kaki dan menyerang dengan lutut kaki tersebut.
  2. "kao loi" (serangan lutut terbang)-petarung mengambil langkah, melompat ke depan dan dari satu kaki menyerang dengan lutut kaki tersebut.
  3. "kao tone" (serangan lutut Lurus)- petarung hanya mentodorkan lutut kedepan tetapi tidak keatas, kecuali ia memegang kepala lawan ke bawah dalam pitingan dan berniat untuk menendang dengan dengkul keatas, kewajah lawan. menurut salah satu sumber tertulis, teknik ini agak lebih baru dibanding "kao dode atau "kao loi" 
Tendangan Muai thai teruji kuatnya Dalam salah satu acara televisi Amerika serikat Fight secience, para seniman beladiri di undang untuk melakukan tendangan paling kuat mereka pada boneka uji-kecelakaan untuk menguji kekuatan serangan mereka. acara ini membandingkan kekuatan tendangan karate, tendangan terbang ganda china, tendangan belakang berputar Taekwondo dan serangan lutut muay thai. Dari semua tendangan kerusakan paling parah di miliki oleh tendang Muay thai yang dilakukan oleh juara Muay Thai Melchor Menor.  

5.) Dorongan kaki (teep)

Teep
Teknik ini sering digunakan dalam olahraga Muay Thai sebagai Teknik defensif untuk mengendalikan jarak atau serangan tangkisan. Dorongan kaki harus di lancarkan dengan cepat tetapi dengan kekuatan yang cukup untuk menjatuhkan lawan dari keseimbangannya.

Itulah beberapa Teknik serang yang dimiliki oleh olahraga muay thai selanjutnya kita beralih pada cara pertahanannya. Untuk lebih jelasnya dalam teknik-teknik Muay Thai kalian bisa tonton Video Berikut:



Pertahanan Terhadap Serangan 
Pertahanan olahraga bela diri muay thai di kategorikan dalam enam kelompok apa saja itu, oke kita simak ulasannya. 
  • Blocking, menghentikan serangan untuk mencegah tercapainya target.
  • Redirection, mengubah arah serangan sehingga meleset dari sasaran.
  • Penghindaran
  • Evasion
  • Gangguan 
  • Antisipasi 
Setelah kita mengetahui teknik dasar serta pertahanan muay thai saya akan menjabarkan beberapa penilaian dalam pertandingan muay thai, kadang kita sering kesulitan saat menonton pertandingan muay thai dan menentukan pemenangnya oke langsung saja. 
Metode Penilaian Pertandingan Muay Thai 

Muay Thai memiliki nilai maksimum 10 di tiap ronde, pemenang tiap ronde akan mendapatkan nilai 10 sedangkan yang kalah akan mendapatkan nilai 9,8 atau  7 
  • Bila dalam ronde itu pertandingan di anggap sama/ seimbang maka setiap peserta mendapatkan nilai 10
  • Jika dalam ronde itu menang tipis maka akan mendaptkan nilai 10:9
  • Jika dalam ronde itu salah satu menang mutlak akan di berikan score 10:8
  • Jika peserta menang mutlak dalam ronde tersebut namun ada penghitungan dari wasit maka score yang di peroleh 10:7
  • Bila dalam ronde petinju menghasilkan 2 kali penghitungan oleh wasit maka akan di berikan nilai 10:7
Teknik yang mendapatkan point adalah teknik yang efektif. Efektif yang di maksud ialah Membuat kerusakan dan membuat musuh kehilangan keseimbangan. Teknik yang di tangkis tetapi efektif akan mendapatkan nilai lebih baik daripada teknik yang tidak di tangkis tetapi efektif. penilaian dalam teknik muay thai adalah sebagai berikut :
  • Pukulan -nilai 1
  • Tendangan- nilai 2
  • siku-nilai 3
  • lutut-nilai 4 
Teknik terbaik yang sering di gunakan dalam olahraga ini dan mendapatkan nilai teringgi ialah teknik-teknik ini:
  1. menjatuhkan lawan ke kanvas dengan pukulan hingga kesadaran terganggu dan mendapatkan hitungan
  2. mengganggu keseimbangan lawan dengan pukulan/ bantingan kemudian diikuti dengan serangan.
  3. menghilangkan keseimbangan lawan hingga jatuh
  4. melakukan serangan hingga lawan membalikkan badan dari penyerang.
Mau belajar teknik-teknik MuayThai dengan cepat simak video yang telah dibuat oleh atlet muaythai Indonesia Berikut dijamin kalian pasti langsung bisa:



Rambut Adalah Aset Termahal Kita
Setelah berolahraga Muay Thai tentunya sangat melelahkan, dan juga sangat mempengaruhi Aset termahal kita yaitu Rambut,Rambut sendiri sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, "tak jarang orang yang memiliki rambut yang kusut maupun tidak tertata dengan rapi memiliki tingkat kepercayaan diri dibawah 50 %" (penelitian )Oleh sebab itu mari kita jaga Aset kita ini dengan sebaik-baiknya. 
Olahraga Muay Thai seringkali mendatangkan ketombe pada Rambut kita  tapi tenang saja semua itu dapat diatasi dengan perawatn rambut kita cara perawatan rambut itu memerlukan perhatian yang khusus serta kita harus memperhatikan penyebab ketombe itu datan.
    
    Penyebab ketombe:
  1.  Kulit kepala terlalu kering, keringnya kulit kepala dapat menyebabkan kulit mengelupas dan membentuk serpihan-serpihan kulit.
  2. kulit kepala yang terlalu berminyak.
  3. Terlalu sering atau jarang keramas
  4. stres
  5. Penggunaan minyak rambut yang berlebihan.
  6.  Malassezia (Jamur yang menyebabkan radang pada kulit kepala)
  7. Psoriasis (akumulasi sel kulit mati yang membantu sisik perak yang tebal). 
    Cara Mengatasi Ketombe :
  1. Bersihkan Kulit Kepala dengan Sampo Zinc Active Cool
  2. Hindari meminjam sisir pada orang lain dan begitu pula sebaliknya.
  3. Jaga barang-barang pribadi anda agar tetap bersih.
  4. Jaga agar kulit kepala dan rambut tetap bersih. cucilah rambut secara teratur dan lakukan pemijitan pada kulit kepala.
  5. Kurangi makan makanan yang berminyak dan berlemak serta memperbanyak makanan yang mengandung ZINC.
Mengapa harus menggunakan Shampo Zinc Active Cool Karena Shampo ini sangat Cocok untuk kalian yang aktive berolahraga terutama olahraga Muay Thai, Shampo ini diformulasikan khusus mengatasi ketombe di kulit kepla pada pria dengan serum , Complex ZPT-O, dan inovasi daro jepang. 
 
Zinc Active Cool
Manfaat Shampo Ini 
  • Menghilangka ketombe hingga 99%
  • Menutrisi rambut hingga sempurna
  • Menjadikan rambut lebih halus dan lembuat
Kelebihan
  • Formula khusus rambut berketombe
  • Aroma harum dan tahan lama
  • Mengandung Complex ZPT-O
  • Sensasi Cooling Menthol
  • Bersih menyegarkan
  • Bebas bahan-bahan berbahaya
Gimana ?, banyak kan kelebihan Shampo Zinc ini , kalian gak perlu khawatir lagi akan hadirnya ketombe di kulit kepala kalian, sehingga olahraga klian gak perlu terganggu lagi terutama latihan olahraga Muay Thai. 
Usir ketombemu dan Latihan muay thai menjadi Fokus Tonton Video dari ZINC berikut :

Artikel ini di ikut sertakan dalam Blog Contest yang diadakan oleh pihak ZINC.


Olahraga Muay Thai Dan Tips Perawatan Rambut Ala Zinc

info lebih lanjut kunjungi Link berikut : =======================================
Facebook: https://www.facebook.com/ZincActivateYou
Twitter    : https://twitter.com/ZincActivateYou
Web         : http://www.zinc.co.id
============================================

                                       

50 Responses to "Olahraga Muay Thai Dan Tips Perawatan Rambut Ala Zinc"

  1. widih,,,,, [-( pengen ni yg kayak gini :d

    ReplyDelete
  2. semakin banyak menambah wawasan bagi para pembaca (h)

    ReplyDelete
  3. pengen belajar biar kayak ong bak

    ReplyDelete
  4. Wah jadi pengen belajar nih buat bela diri :-t

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja belajar gan ntar keburu tutup usia hehe b-( ,

      Delete
  5. Wah ane juga pernah gan ikut dalam persilatan, pengen lanjut latihan tapi terhalang kesibukan terpaksa berhenti latihan deh, sekarang badan kaku semua gak bisa bela diri lagi. hehehe maaf gan hanya cerita pengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman bagus gan,, tapi sayang gak dilanjutin udah bnyak ilmunya masa dibiarin bgitu saja :d

      Delete
  6. Muay Thai nih bisa melindungi diri sama pasangan :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa broo ,, coba buktikan sendiri :>)

      Delete
  7. Replies
    1. Tapi Asik bro olahraganya ,, di coba aja :-t

      Delete
  8. langsung pegal" semua nih badan kalo olah raga kayak gitu !

    ReplyDelete
    Replies
    1. pegel tapi asik broo , buat memprotek diri dari begal

      Delete
  9. Replies
    1. langsung join disini Vida Muay Thai Studio, yang berlokasi di alam sutera, Tangerang, Banten,

      Delete
  10. mantap gan,,tpi masih kalah kalo vs pencak silat,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu perlu diadu antara muay thai vs pencak silat ,

      Delete
  11. mantap gan
    visit atut-blog2000.blogspot.com :D

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. udah pernah ikut pertandingannya gak gan ?

      Delete
  13. Wah.... jadi kepingin belajar juga... biar bisa ngelawan kalo di begal

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja gan di cari perguruan muay thai yang cocok buat agan !

      Delete
  14. wah blognya rame ya gan, smoga menang ya,, mampir juga di antonroemanto.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,, Amiin Terimakasih kehadirannya :)

      Delete
  15. aku sih lebih menarik dengan pencak silat :D tapi ane sedikit suka sama muay thai

    ReplyDelete
  16. Wah sangat bermanfaat nih Olahraganyya keren

    ReplyDelete
  17. Keren itu gan tapi ane udah pencak silat jadi nyimak aja gan

    ReplyDelete
  18. Benar- benar bagus bela diri Thailand, aku bahkan ingin nonton turnamennya di sana.

    ReplyDelete
  19. Waw benar-benar detail nih artikel emang bagus banget

    ReplyDelete
  20. wah kayaknya muay thai sedikit sulit dengan saya ~ 8-)

    ReplyDelete
  21. tapi kayaknya Muay Thai ini kurang populer di Indonesia. Ane sendiri juga kurang suka dengan olahrga ini, dibilang tinju tapi pake kaki segala. Kalo pake kaki kenapa enggak main aja pencak silat, lebih keren karena ada seninya :d

    ReplyDelete
  22. Om.. studio terbesar muaythai itu bkn vida x.. n muaythai itu kombinasi 8 bagian terkeras dlm tubuh.. bkn 6.. n penjelasan muaythai ny tll ribet. Krn di thailand sndiri ga ribet ky bgtu. Bahkan mrk menertawakan ongbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya maksud disitu studio muaythai terbesar di indonesia om, mengenai kombinasi 6 ataupun 8 , banyak yang mengatakan mengkombinasikan 8 bagian terkeras namun tak jarang juga ada yang mengatakan menggunakan kombinasi 6 bagian terkeras om,, salah/ benarnya saya kurang tau kepastiannya

      Delete
  23. @unikmaniak
    knp ga silat aja?? Krn silat n kungfu or bela diri tradisional lain tll bnyk basa basi n ga efektif. Buktinya? Lihat aja ufc n mma fighter.. mrk standupnya ambil boxing..muaythai.. kickboxing.. or karate modern..

    ReplyDelete
  24. Pengen sih belajar, tapi kalau udah dewasa masih bisa kah itu gan?

    ReplyDelete
  25. Plus there are more benefits of the zinc for acne treatment. It helps absorb the Vitamin A, fights the bacteria that causes acne by strengthening the immunity, helps the body heal wounds and the zinc also has anti oxidant properties.
    male enhancement pills that work

    ReplyDelete

Berkomentarlah layaknya seorang Blogger Profesional, Jangan sekedar meninggalkan jejak saja. komentar yang baik akan membangun ke seksesan dari Blog tersebut. Mari Budayakan Berkomentar Yang Relevan