Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer


Untuk memastikan gejala kerusakan pada koputer anda sebenarnya gampang-gampang susah, karena hampir setiap komponen memiliki gejala kerusakan yang hampir mirip dengan komponen yang lainnya, oleh sebab itu saya menuliskan Artikel ini untuk membagikan ilmu yang saya tahu kepada publik semoga bermanfaat.
Kerusakan yang terjadi pada komputer terbagi menjadi 2 bagian:
  1. Kerusakan pada software
  2. kerusakan pada hardware
Kerusakan pada software solusi terbaiknya ialah menginstal ulang program pada komputer anda. Selain itu kalian bisa juga mengetahui kerusakan pada Pc dengan membaca artikel ini.

1. Cara Mengenali Kerusakan Pada Power Supplay



Kerusakan pada power supplay biasanya memiliki Gejala sebagai berikut:
  1. Komputer tidak merespon pada saat tombol power dinyalakan
  2. LED pada CPU tidak menyala
  3. Monitir tidak dapat menyala
  4. Kipas pada Powersupplay tidak menyala dengan semestinya.
Saran :

Pastikan kabel powersupplay terhubung dengan baik ke socket Motherboard dan tombol ON-OFF dalam keadaan ON. jika semua masih dalam keadaan normal cobalah untuk mengganti kabel yang terhubung langsung dengan listrik dengan kabel komputer lainnya yang masih baik. jika masih tidak menyala anda diharuskan mengganti power suplay yang baru.

2. Cara Mengenali Kerusakan Pada Motherboard


Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer


kerusakan pada komponen ini memiliki Gejala sebagai berikut:
  1. Tidak ada gambar pada monitor saat dinyaalakan, lampu LED berkedip
  2. Kipas Power supplay dan processor tetap menyala
  3. Tidak terdengar suara "beep" saat dinyalakan.
  4. Lampu LED pada CPU menyala.
Saran:

Lepaskan semua kabel yang berhubungan dengan arus listrik seperti kabel power supplay dan monitor, kemudian bukalah casing CPU anda dan lepaskan kabel yang menghubungkan dengan motherboard, bawa ke tempaat yang terang lalu Cek dan perhatikan bagian dari Chip IC,Transistor,Elko,Bios CMOS dan komponen yang ada di situ, perhatikan apakah ada tanda bercak Hitam atau putih, umumnya kerusakan yang terjadi pada motherboad adalah terjadinya Aus atau bisa juga terbakarnya komponen kecil yang telah disebutkan beberapa diantaranya diatas.

3. Cara mengenali kerusakan pada Hard disk


Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer


Gejal yang sering timbul:

  1. Sering terjadi pesan error pada saat mengcopy filel seperti bad sector.
  2. Pada saat booting terdapat pesan "Disk Error,Disk Failur" selanjutnya terdapat pesan "press F1 to Continue" bila kita menekan F1 berikutnya akan ada pesan "Operating System not Found"
Saran:
  1. Terdaat banyak sebab mengapa terjadi bad sector seperti voltase yang tidak stabil yang menyebabkan putusnya arus listrik secara tiba-tiba. ada 2 jenis bad sector yaitu Physical dan Software. cara mendiagnosanya gunakan softawre seperti Bad sector Remover, HDD bad sector.
  2. memeriksa kerusakan pada sektor physical, prikasa kabel power hardisk dan kabel data yang terhbung denag hardisk secara langsung, cobalah untuk mencabut dan mengencangkan kabel tersebut dan ganti dengan kabel lain yang masih berfungsi, bila tetap tidak menyala caobalah bawa hardisk anda ke ahli recorverry untuk menyelamatkan data-data anda.
  3. Saat muncul pesan "Opearting System not Found", kemungkinan terjad kerusakan pada operating system PC anda, biasanya sering terjadi file corupt, lakukan Repair dengan CD/DVD windows yang telah ada.
4. Cara mengenali kerusakan pada VGA card


Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer

Gejala:
  1. PC menyala tapi monitor tidak terdapat gambar (Lampu LED berkedip)
  2. Gambar menunjukkan bayangan yang mengganggu pemandangan seperti berwarna warna warni.
Saran:

Nyalakan Pc anda, lepas kabel yang menghubungkan kabel dari monitir ke VGA anda. umumnya kerusakan yang terjadi pada VGA dapat kita kenali apabila monitor tidak menyala pada saat kabel terhubung dan akan menyala dengan tilisan "No Signal" pada saat terlepas dari VGA.

5. Cara mengenali kerusakan pada Cd/Dvd ROW  dan Floppy Disk


Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer


Gejala:
  1. Copy file sering gagal di tengah (optik Cd/Dvd yang melemah)
  2. Burning DVD memakan waktu cukup lama
  3. Tutup Cover DVD ROM sulit terbuka
  4. Dapat membaca CD/DVD namun tidak dapat menCopy atau mengakses isi CD/DVD .
Solusi :

Priksa kekencanga kabel yang terhubung pada hardware Cd/Dvd.
Priksa pada BIOS , apakah hardware CD?DVD ROM terbaca disana.
Jika cover DVD/CD sulit dibuka biasanya terjadi kerusakan atau aus pada roda karet yang menggerakkan tutup Cover.

6. Cara mengenali kerusakan pada BIOS


Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer


Kerusakan pada BIOS sering terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal seprti batrai yang sudah habis, motherboard atau karena gagal update.

Gejala:
  1. Terdengar suara beep beberapa kali dari hardware
  2. monitor tidak menampilkan gambar
  3. Terdengar suara beep pada hardware. bunyi bip dari setiap Bios memiliki banyak arti yaitu:
Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer

Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer

Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer

Solusi:

Terkadang dapat terjadi kegagalan pada proses update BIOS. pada motherboard tertentu dapat melakukan backup pada BIOS sehingga dapat melakukan restore apabila terjadi error yang disebabkan oleh gagal update. Anda bisa mencabut batrai BIOS terlebih dahulu untuk mereser BIOS , pada tipe motherboard tertentu tidak dapat melakukan restore BIOS sehingga anda perlu membawanya ke vendor untuk memperbaikinya.

Demikian cara mengetahui gejala kerusakan pada komputer yang sangat sering terjadi di sekitar kita , semoga artikel ini membantu kalian untuk memperbaiki Pc sendiri. 

11 Responses to "Cara Mengetahui Gejala dan Kerusakan Pada Komputer"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. kak mau nanya, notbuk saya sering dipake di atas bantal,,, terus akhirnya notbuk saya ga bisa dibuka,,, itu yg rusak dibagian mana kak,, terus kalo diservis habis uang berapa,, ?? makasih kak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri-ciri rusaknya bagaimana ? apakah saat di tekan tombol power layar tidak muncul dan berbunyi beep beep "? jika iya kerusakan bisa terjadi pada RAM. dan jika di service kemungkinan budget yang harus di siapkan adalah 500++

      Delete
  3. Maaf mau nanya, komputer saya sering mati sendiri. Padahal baru dinyalakan 5-10 menit saja. Penyebabnya apa ya? Heatsink prosesor baru diganti
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Adi. wah sepertinya masalah ini terletak pada VGA. pastikan VGA komputer mu tetap terjaga suhunya. bisa jadi akbiat VGA yang kepanasan atau VGA milikmu udah saatnya di ganti

      Delete
  4. Dengan membaca artikel anda , pemahaman saya tentang komputer menjadi bertambah. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengani komputer yang bisa anda kunjungi www.lepkom.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  5. Makasih info nya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. gan maaf mau tanya,awal ngerakit grafik game nya bagus dan tidak lag,tp makin kesini grafik jd agak lag terus,apanya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kurangin beberapa aplikasi yang kamu instal, kemungkinan aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai tersebut membuat kemampuan VGA jadi terbagi.

      Delete
  7. mau nanya dong kak komputer ane pas bermain game online seperti pb/dota kok tiba2 seperti ngefreez gitu ya ,apa penyebabnya kak kalo seperti itu? apa harus install ulang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan penyebabnya ialah kemampuan komputer kamu kurang support di beberapa bagian, seperti pada bagian Ram atau kapsitas penyimpanan lainnya.

      Delete

Berkomentarlah layaknya seorang Blogger Profesional, Jangan sekedar meninggalkan jejak saja. komentar yang baik akan membangun ke seksesan dari Blog tersebut. Mari Budayakan Berkomentar Yang Relevan